Halaman

Hang your dream through the sky

Hang your dream through the sky

Make Dreams Come True

Dreaming--Believe--Work Harder--Rely on God

Minggu, 25 November 2012

Ini Bukan FTV. Tapi Tukang Odong- Odong Itu Rupawan!!

Pagi ini saya dan keluarga kecil saya segera pergi ke rumah saudara di bilangan Surabaya Timur. Hari ini peringatan 3 hari mendiang kakek saya.
Sebagai keluarga Jawa yang masih memegang tradisi, kami akan mengadakan Yasinan di hari ketiga kepergian mendiang.
Saya harus ikut rewang (baca: bantu repot) di rumah saudara saya itu. Jam 8 pagi saya sudah touchdown di sana. Ternyata di sana sudah ramai. 
Itu rumah budhe saya, beliau punya 7 anak, dan semuanya sudah berkeluarga bahkan sudah ada anaknya yang berusia kelas 6 SD. (padahal saya masih single dan belum nikah) -_- jauh sekali, kan jaraknya?
Baik, kembali ke topik.

Saya, sebagai tante muda tidak tinggal diam melihat ponakan kecil yang banyak dan unyu- unyu. Saya mencoba mengemong mereka, dan ketika saya sedang menemani mereka di teras, lewatlah tukang odong- odong. 

Lantunan lagu "Balonku Ada 5" yang membuatku tahu itu tukang odong- odong. Lalu segera kupanggil dia agar menepi ke rumah budheku. Setelah itu kubimbing tiga ponakanku yang ingin naik odong- odong.

Saya cuma bisa terdiam ketika melihat si pengayuh odong- odong itu. Seorang pemuda, mungkin umurnya tidak terpaut jauh dengan saya. Begitu melihat ketiga ponakan saya, dia langsung menyapa dengan semangat. Seperti guru TK kepada muridnya. Dia membantu saya untuk menaikkan keponakan saya ke atas odong- odong.

Dia mulai mengayuh, dan di sela- sela lagu yang diputar, dia melontarkan beberapa pertanyaan padaku:

D: Ini adek mbak atau anak mbak?

A: Hah? anak? gila aja, mas. aku masih segini masak punya anak? tiga lagi! 

D: hahaha kali aja, mbak. jaman sekarang nikah muda udah ngetren lagi kayak dulu.

A: ya tapi apa aku keliatan udah setua itu, ya?

D: Oh ya berarti ini adek mbak, ya?

A: ponakan, mas

D: nah, udah tua juga kan! berarti mbak tantenya, kan?

A: *senyum kecut*

D: mbak masih sekolah?

A: aku udah kuliah, mas *agak sebel*

D: oya? semester berapa, mbak?

A: 5, mas. *mau nanya dia gimana, tapi nggak berani*

D: Oh, tahun depan skripsi ya, mbak?

A: iya, mas. tau banget nih..

D: Iya mbak, saya juga masih kuliah kok sebenernya.

A: Lah? kuliah di mana, mas? semester berapa? *nada Kepo*

D: rahasia, mbak. pokoknya di universitas di surabaya *nyengir*

A: ah, kenapa pake rahasia segala

D: hayoo, mbaknya kepo ya?

A: *diem* *Ngempet mangkel* mas kerja ini nyambi?

D: iya lah mbak..

A: hmm kalo boleh tahu berapa mas sehari- harinya kalo narik odong- odong?

D: nggak seberapa besar, mbak. soalnya kan dibagi juga sama kontrak odong- odong. lagian aku nggak nyari duit kok narik odong- odong ini.

A: lho, terus?

D: aku seneng sama anak kecil. sekalian buat mempelajari kehidupan mereka gitu. semacam studi lah..

A: buat skripsi?

D: semacam gitu

A: berarti jurusan mas pendidikan paud ya? apa psikologi?

D: ra-ha-si-a mbak 

A: tapi kalo mau ngumpulin data tentang anak2 kecil bukannya lebih enak kalo ke sekolah aja, mas?

D: yaah, kalo ke sekolah dapet data, tapi uang kan enggak. 

A: oh bener juga, sih.

D: itu bedanya mahasiswa sama siswa, mbak. kalo mahasiswa itu bisa nyari duit sesuka hatinya, beda sama siswa. hehe

A: *menyimak* enak sih mas jadi cowok. jadi bebas keliaran kemana aja kalo mau cari duit.

D: lha emangnya mbak nggak bisa?

A: susah, mas. kalo cewek itu ribet. banyak tapinya! *curhat*

D: yaa, kalo itu sih emang bener, mbak. kodratnya itu cewek emang bukan kerja cari uang. tapi jadi induk yang jaga sarang. sementara cowok itu jadi pejantan yang berburu daging. hehe

A: waduh, mas ini jurusan kedokteran hewan ya?

D: pengetahuan umum itu, mbak. kebanyakan nonton discovery channel lo mbak

A: *mikir* (discovery channel? berarti dia orang mampu yah kalo bisa ngomong gitu). oya, ngomong2 keluarga mas tahu kalo mas kerja jadi tukang odong- odong?

D: yaah, nggak tahu kayaknya. kenapa, mbak?

A: ya nggak apa. kalo aku ngeliat sekilas, mas itu kayaknya lebih dari cukup untuk kerja begini

D: ya mbak ini. kan tujuan saya emang bukan uang, mbak. tujuannya buat main sama anak kecil  *senyum*

(halah, manis banget)


setelah itu percakapan ini tidak berlanjut, karena beberapa sepupu tua saya mulai keluar rumah dan turut meramaikan odong- odong. Mereka betah sekali merumpi dengan tukang odong- odong itu.
Karena hilang selera dengan suasana yang riuh, saya memilih masuk ke dalam rumah.

one word for that man: Misterius!
:)

1 komentar:

  1. jadi penasaran sama wajah tukang odong2nya wkwkwk._. errr keep writing yak :)

    BalasHapus